Cara Mengaktifkan Saldo Prioritas Tokopedia untuk Mempercepat Perputaran Kas

Bagi kita yang berjualan di marketplace, pasti kita pernah merasa kesal karena harus menunggu konfirmasi terima pesanan dari pembeli terlebih dahulu baru kemudian kita bisa mencairkan saldo penjualan, sedangkan kita butuh dana tersebut untuk keperluan re-stock produk dan keperluan lainnya.

Salah satu marketplace terbesar di Indonesia mencoba menjawab keluhan tersebut.

Nulisblog

Demi memberikan pengalaman baik untuk para penggunanya, Tokopedia bekerja sama dengan PT. Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) meluncurkan fitur yang akan mempercepat cashflow atau perputaran uang penjual di Tokopedia berupa Saldo Prioritas.

Apa itu Saldo Prioritas?

Saldo Prioritas adalah fitur yang memberikan kemudahan bagi Seller Tokopedia untuk bisa menarik hasil penjualan langsung setelah memasukkan resi pengiriman, tanpa perlu menunggu konfirmasi pembeli.

Tetapi tidak semua penjual dapat menikmati fitur Saldo Prioritas, hanya penjual terpilih saja yang dapat mengaktifkan fitur ini. Berdasarkan Syarat dan Ketentuan Saldo Prioritas Tokopedia, hanya penjual aktif yang sudah membuka toko di Tokopedia selama minimum 3 (tiga) bulan yang dapat mengajukan pendaftaran Saldo Prioritas.

Untuk memastikan apakah Anda sudah dinyatakan sebagai penjual terpilih atau belum, silakan buka aplikasi TopSeller, jika pada halaman awal terdapat menu Saldo Prioritas, berarti Anda sudah bisa mengaktifkan fitur ini.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Saldo Prioritas?

1. Caranya sangat mudah, silakan buka aplikasi TopSeller, klik menu Saldo Prioritas yang ada pada induk menu Layanan Finansial.

Nulisblog

Karena Anda belum mengaktifkan fitur saldo prioritas, maka seharusnya pada bagian kanan menu tersebut terdapat teks link Aktifkan, silakan klik link tersebut.

2. Anda akan dibawa pada halaman featured saldo prioritas serta syarat dan ketentuan saldo prioritas, Anda dapat membacanya terlebih dahulu, meskipun pada artikel ini akan saya jelaskan sedikit juga supaya pembaca bisa lebih memahaminya lagi.

3. Jika Anda sudah membacanya, silakan klik tombol Daftar Saldo Prioritas.

Nulisblog

4. Upload dokumen yang diperlukan, kemudian klik tombol Lanjut.

Nulisblog

5. Lengkapi form informasi pribadi, kemudian klik tombol Ajukan Pendaftaran Saldo Prioritas.

6. Selanjutnya akan dilakukan proses verifikasi oleh pihak tokopedia, Anda harus menunggu maksimum 2 hari kerja.

Saya sendiri ketika mengajukan pendaftaran saldo prioritas, beberapa jam kemudian langsung diterima sehingga saya langsung bisa mengaktifkan saldo prioritas di hari yang sama.

Jika Anda sudah menerima notifikasi Saldo Prioritas Berhasil Diaktifkan, berarti Anda sudah dapat menikmati fitur ini.

Limit Dana Saldo Prioritas

Berhubung dasar dari fitur ini adalah Pinjaman Modal, bentuk kerjasama antara Tokopedia dan Pertner (Modalku), maka terdapat limit dana atau batasan uang yang diterima oleh penjual, dan limit dana ini ditentukan oleh Partner Tokopedia berdasarkan kelayakan toko Anda pada saat pengajuan.

Persentase Pencairan

Persentase pencairan adalah jumlah persentase dana dari nominal penjualan atau seberapa besar dana yang Anda terima dari setiap transaksi penjualan Anda. Berbeda dengan Limit Dana yang ditentukan oleh Partner Tokopedia, persentase pencairan ditentukan oleh Anda sendiri dengan batas maksimal 80% dari nominal penjualan.

Biaya Admin Saldo Prioritas

Terdapat biaya administrasi sebesar 0,3% dari nominal pencairan.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan saya berikan simulasi saldo prioritas.

Nulisblog

Pada gambar di atas, nominal penjualan pada sebuah transaksi sebesar Rp100.000 dan persentase pencairan yang kita tentukan pada saat pengajuan fitur saldo prioritas sebesar 80%, maka nominal pencarian yang akan kita terima sebesar Rp80.000. Uang Rp80.000 ini akan masuk ke saldo Tokopedia setelah kita meng-input resi pengiriman yang valid.

Sedangkan untuk sisanya, Rp20.000 akan masuk ke saldo Tokopedia setelah pembeli mengkonfirmasi terima pasanan, tentunya dengan dipotong biaya Admin terlebih dahulu sebesar 0,3% dari nominal pencairan. Jadi uang yang masuk ke saldo Tokopedia kita jika pembeli sudah mengkonfirmasi terima pesanan adalah sebesar Rp19.760 karena otomatis teropong biaya Admin.

Dengan adanya fitur Saldo Prioritas ini, saya sebagai seller yang bermodal pas-pasan merasa sangat terbantu, meskipun terdapat limit dana yang jika limit dana di toko kita sebesar Rp.500.000, maka nominal pencarian tidak boleh melebihi batas tersebut.

Itulah tadi penjelasan mengenai Apa itu Saldo Prioritas, Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Saldo Prioritas, dan keterangan lain seputar Saldo Prioritas.

Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya, silakan tulis di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Saldo Prioritas Tokopedia untuk Mempercepat Perputaran Kas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel