Apa itu Blog? Sejarah Singkat dan Perkembangan Blog

Image by: https://pixabay.com

Untuk Anda yang masih mencari tahu Apa itu Blog? meskipun Anda mungkin sudah tahu jawabannya. Inilah tulisan sederhana yang akan menambah pemahaman Anda tentang Apa itu Blog.

Apa itu Blog?

Blog merupakan istilah yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah halaman web yang berisi catatan informasi. Catatan ini umumnya berupa teks dan gambar, dan tidak jarang juga yang disisipi berkas audio dan video sebagai pendukung untuk menyampaikan informasi.

Secara singkat, blog merupakan media online yang berisi catatan informasi.

Bukankah ini mirip seperti Facebook, Twitter, Instagram dan media sosial lainnya?

Ya, terdengar sangat mirip memang, karena Blog termasuk bagian dari media sosial (sosial media).

Agar lebih jelas, mari kita lihat hierarki media sosial:

Gambar diatas, dapat kita lihat bahwa Blog bersama daring lainnya, merupakan elemen turunan dari media sosial.

Sejarah Blog

Blog merupakan singkatan dari weblog. Istilah weblog pertama kali dicetuskan oleh Jorn Barger pada 17 Desember 1997. Istilah ini kemudian dipersingkat menjadi blog oleh Peter Merholz pada tahun 1999 hingga saat ini.

Di Indonesia sendiri, awal kemunculan blog digunakan sebagai tempat untuk bercerita tentang hobi, keseharian, dan hal-hal lain yang cukup personal. Dulu rata-rata Blogger (penulis blog) menggunakan blog sebagai diary online.

Seiring berjalannya waktu, blog ber-evolusi menjadi 'ladang subur' yang dapat dinikmati oleh siapapun yang ingin mendapatkan uang di internet. Blog dijadikan tempat untuk mencari uang dengan cara apapun. Termasuk dengan cara yang tidak baik, banyak oknum-oknum yang memanfaatkan blog sebagai media untuk berbagi file ilegal, menyebarkan berkas yang memiliki hak cipta, hanya untuk menghasilkan uang.

Tetapi, tidak kalah banyak juga orang-orang kreatif yang berangkat dari menulis di blog hingga membawanya ke dunia entertainment. Salah satunya adalah Raditya Dika. Anda pasti mengenal sosok psikopat yang satu ini. Berawal dari menulis di blog kambingjantan.com, Raditya Dika kini menjadi seorang psikopat entertainer yang dikenal oleh banyak orang.

Jadi, jika Anda bertanya kepada saya Apa itu Blog? maka saya akan menjawab berdasarkan perspektif saya sebagai penulis blog atau blogger, "Blog adalah tempat untuk belajar menulis". Dan jika saya memposisikan diri saya sebagai pembaca, tentu saya akan menjawab, "Blog adalah tempat untuk membaca informasi".

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Blog? Sejarah Singkat dan Perkembangan Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel